Pekerjaan pembangunan Puskesmas kecamatan Pulogadung yang telah lama di nantikan oleh warga tujuh 7(tujuh) Kelurahan, khususnya warga masyarakat kelurahan Pulogadung. Awal pembongkaran bangunan lama sudah berjalan & pelayanan kesehatan untuk sementara waktu di alihkan ke Jln. Kayu Putih Selatan Raya ( Exs POSKO GERINDRA / SIMPUL JAKARTA ) untuk Pelayanan Unit Gawat Darurat ( UGD ), Kartu JKN & Rumah Bersalin ( RB ), Jln. Kayu Putih Selatan IV No. 8 untuk Pelayanan Bagian Umum ( BU ) dan di Balai Warga RW. 001( Exs. Kantor Kelurahan Pulogadung ) khusus untuk Pertemuan & Sosialisasi ke warga. Puskesmas yang akan di bangun setinggi Lima ( 5 ) lantai dengan fasiltas Semi Rumah Sakit Umum ( SRSU ) yang anggarannya dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur dan informasinya bahwa Puskesmas siap menangani kurang lebih seratus dua puluh ( 120 ) Jenis Penyakit. Hal ini sangat menyenangkan warga yang bermukim di sekitar Puskesmas dan sangat membantu kinerja Pemerintah dalam pelayanan kesehatan serta mengurangi bertumpuknya masyarakat yang antri untuk berobat di RSU Pemerintah khususnya RSU PERSAHABATAN.
Warga masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak BASUKI TJAHAJA PURNAMA ( Panggilan Akrab : AHOK ), SUKU DINAS KESEHATAN Jakarta Timur & DINAS KESEHATAN DKI Jakarta atas terlaksananya pekerjaan pembangunan Puskesmas Kecamatan Pulogadung. Sebelum terlaksananya pekerjaan perluasan bangunan pernah menyampaikan keluhan warga masyarakat & para Staf / Pegawai Puskesmas (Sharing) yang terangkum dalam pikiran sehingga memberanikan diri mengirim tulisan melalui SMS pada Wakil Gubernur DKI Jakarta tertanggal 26 - 06 - 2014 sekaligus ke Harian POS KOTA dalam kolom ASPIRASI WARGA DKI (termuat) yang Judulnya “PUSKESMAS PULOGADUNG PERLU PERLUASAN“.
Adapun isi tulisannya : “Yth. Bapak Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan, sangat perlu perhatian serius pada Fasilitas dan Fisik bangunan Puskesmas Kec. Pulogadung yang sudah tidak layak lagi mengingat daya tampung Pasien dan fisik bangunan sudah tidak memenuhi standar dalam pelayanan kesehatan. Hal ini sangat perlu perluasan bangunan dan fasilitas yang mendukung. Terimakasih“.
Hal ini berawal dari bangunan yang Atapnya Bocor, Plafon Busuk, Lantai Keramik Retak, Banjir tatkala musim Hujan, Fasilitas Rawat Inap sangat minim, Satu ( 1 ) ruangan penanganan Pemeriksaan penyakit Bagian Umum yang di isi oleh Lima ( 5 ) orang tenaga medis, Fasilitas Parkir yang tidak memadai dan lainnya, padahal pelayanan kesehatan selama dua puluh empat (24) jam (NON STOP).
Atas kondisi bangunan Puskesmas tersebut, masyarakat dan pegawai merasa prihatin akan keadaan fisik bangunan dan fasilitas pelayanan kesehatan yang pernah di liput Media Elektronik serta di tinjau dari Dinas Kesehatan sesuai pengajuan, akhirnya terlaksana.
Sebagai tanggung jawab moral pada pemerintah atas terlaksananya pekerjaan pembangunan Puskesmas kecamatan Pulogadung khususnya pada warga masyarakat akan mengawasi pelaksanaan pekerjaan sampai selesai agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan Pribadi maupun Golongan dan warga masyarakat harus ikut berperan serta untuk mengawasinya sampai selesai.
Akhir kata : * TUHAN selalu memberkati dan menyertai setiap langkah kaki umat-NYA yang melakukan Kebaikan Dalam Kebenaran di tengah umat manusia sesuai dengan kehendak-NYA. Amin*.(SP.Panjaitan/Novtenio)
KOMENTAR